Apakah Tetap Harus Bayar kepada Kurir COD Walaupun Barang Tak Sesuai Pesanan?

Sumber gambar: Tokopedia.com


Viral di dunia Maya video tentang seorang konsumen yang tak mau membayar kepada Kurir jasa pengiriman barang dengan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) atas pesanan produk yang dibelinya secara online karena pesanannya tersebut dirasa tak cocok atau tidak sesuai pesanan. Videonya bisa anda tonton di bawah ini, jika sudah menontonnya maka lewati saja:


Pertanyaan: apakah salah jika pembeli tidak mau membayar kepada Kurir COD ketika si pembeli langsung membuka paket dan ternyata barang pesanannya tidak cocok?
Jawab: salah!

Perihal COD (Cash On Delivery)

Itulah yang terjadi ketika belanja online namun tak mengerti cara ketika produk yang dibelinya itu ternyata tak sesuai pesanan. Antara konsumen dan si kurir bisa saling bersitegang seperti kasus video di atas yang mana sampai saat tulisan ini di publish masih belum menemukan titik terang perdamaian.

Disini saya akan sedikit menjelaskan tentang transaksi dalam pembelian secara online dengan harapan semoga tak ada lagi kasus seperti di atas. Kebetulan saya (penulis) berprofesi sebagai pedagang online.

Begini, ketika kita berbelanja secara online di manapun baik di marketplace seperti di Bukalapak, Tokopedia, shoppee, lazada, Blibli, dan lain-lain maupun di e-Commerce dan di Olshop Facebook dan Instagram, pokoknya di manapun itu, saat ini kesemua pedagang online menyediakan pembayaran secara COD (Cash On Delivery) dengan kata lain si pembeli membayar barang pesanannya ketika sudah sampai di tempat. Hal itu bertujuan untuk mempermudah transaksi si pembeli yang tak memiliki rekening Bank sebagai alat pembayaran.

Ketahuilah, bahwa ketika kita membeli sebuah produk barang secara online tidak menutup kemungkinan barang yang dibeli tidak sesuai pesanan. Hal itu terjadi disebabkan banyak faktor, diantaranya: penjual kurang teliti, si penjual kurang amanah dalam berjualan (asal kirim).

Jika produk barang yang datang sesuai dengan pesanan, sudah barang tentu hal ini menggembirakan bagi si pembeli, terlebih lagi proses pengiriman cepat sampai. Nach, lantas bagaimana jika barang yang dibeli tidak sesuai pesanan?

Proses return (tukar barang)

Hal yang harus anda lakukan ketika produk barang yang dibeli tidak sesuai pesanan atau parahnya ada kerusakan di barang tersebut adalah segera ambil gambar (foto) barang tersebut lalu hubungi si penjual dengan memperlihatkan foto barang dan mintalah return (tukar) barang. Jadi bukan melakukan seperti kasus dalam video di atas! Karena si kurir tak tahu-menahu tentang barang pesanan, tugas si kurir hanya mengantarkan barang (titik).

Saran saya, sebelum membeli barang secara online baiknya pelajari dulu tentang kebijakan dan aturan di tiap-tiap pedagang. Bisa juga sebelumnya tanyakan apa bisa return (tukar) barang atau tidak jika ada kesalahan pesanan. Dapat dipastikan, pedagang yang beritikat baik pasti bersedia return ketika barang yang dikirimnya tak sesuai pesanan.

Terlebih lagi belanja di marketplace (Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain). Ketika barang tak sesuai pesanan, di sana disediakan fitur return dengan pilihan tukar barang atau uang kembali. Selama proses return akan terus dipantau oleh admin yang bersangkutan sebagai penengah. Semua penjual di sana harus tunduk kepada aturan marketplace tempat si penjual membuka lapak. Alhasil, ketika kita berbelanja online di sana tak kecewa dengan adanya fitur return tersebut. Hanya saja di sini butuh kesabaran dalam prosesnya. Ketika proses return disetujui maka bisa menukarkan barang atau minta uang kembali berupa saldo yang nantinya bisa dibelanjakan atau dicairkan.

Penutup

Sekali lagi saya tulis di sini, jika anda belanja online dan kebetulan produk barang yang dibeli tidak sesuai pesanan, anda harus tetap membayar sejumlah total harga yang telah ditentukan kepada Kurir jasa pengiriman barang. Pokoknya bayar dan terima aja barangnya walaupun misalnya keadaannya rusak sekalipun.

Sedikitpun anda tak berhak komplen apalagi maki-maki si kurir bahkan parahnya tak mau membayar seperti kasus video di atas.

Adapun jika anda ingin komplen atas produk yang anda beli, komplenlah langsung kepada si penjual tempat anda membeli barang. Hubungilah si penjual, utarakan keluhan anda atas barang yang anda terima itu tidak sesuai pesanan dengan memberikan bukti foto seperti yang telah dijelaskan di atas.

Cara return (tukar barang) di tiap penjual online berbeda-beda menurut kebijakannya masing-masing. Alhamdulillah, saya pribadi selama ini tak pernah mendapatkan konsumen yang mengajukan return (tukar barang), karena saya sangat berhati-hati sekali dalam memberikan pelayanan dan kwalitas barang kepada para pembeli.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Tetap Harus Bayar kepada Kurir COD Walaupun Barang Tak Sesuai Pesanan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan4