Tak Perlu Proteksi DMCA Blog, Pasang Kode HTML Anti Copas

Kode HTML anti copas

Siapa yang ngga kesel tatkala mendapati artikel yang kita buat dengan apik dan sebaik mungkin tiba-tiba di copas (copy-paste) oleh para pembegal posting.

Kejadian kasus seperti itu sering kali dialami oleh para Blogger, sehingga banyak di antara mereka menumpahkan curahan hati kekesalan terhadap tulisan-tulisannya yang sering kali dibegal (copas) itu. Kalau saya pribadi sich belum menemukan tulisan saya di copas orang, soalnya belum pernah ngecek, atau mungkin tulisan saya ngga ada yang mau copas karena masih tergolong tulisan 'kaleng rombeng' wkwkwkw...

Betapa tidak, kadangkala artikel hasil copasan berada di atas artikel asli pada halaman google search. Parahnya, jika dibiarkan akan merusak algoritma google sehingga tulisan asli tak pernah berada di atas halaman google search. Jika terlalu banyak tulisan yang di copas, jangan heran tulisan asli hilang dalam peredarannya di mesum mesin pencarian google karena banyaknya duplikat tulisan, pastinya hal itu sangat tidak disukai google, tak ayal dianggap spam. Dalam curhatnya.

Bagi yang lagi malas membaca postingan panjang, untuk loncat menuju kebawah langsung menuju kode HTML silakan klik di sini

Memasang Badge proteksi DMCA

Proteksi DMCA (Digital Millennium Copyright Act) merupakan situs yang menangani masalah perlindungan hak cipta/Copyright karya sesorang berdasarkan hukum negara Amerika yang 'berdiri' sejak tahun 1998. Yach, yang namanya hukum hak cipta di negara manapun pasti ada, termasuk di negara kita.

Namun beda halnya dengan situs proteksi DMCA. Di situs tersebut, kita akan dibantu atas laporan yang kita buat untuk men-tackdown tulisan copasan dari tulisan kita.

Cara kerja mereka adalah meneliti laporan yang masuk ke meja redaksinya. Setelah dianggap memenuhi persyaratan laporan, segera mereka proses dengan menghubungi pihak-pihak terkait seperti provider, server, dan juga pihak google untuk men-tackdown atas pelanggaran yang dilakukan si begal postingan yang seenaknya copas tulisan orang lain sembarangan.

Nach, di sinilah nasib buruk akan dialami si begal postingan, antara tiga pilihan:
  1. Menghapus hasil copasan dengan suka rela.
  2. Dihapus hasil copasan dengan cara dipaksa/tackdown.
  3. Dihapus Blog yang dikelolanya secara permanen/keseluruhan.

Melihat opsi No 3 sungguh sangat menyeramkan bukan?! Tak ada kata ampun baginya. Kebanyakan si pelapor mungkin karena dendam kesumat atas tulisannya yang di copas sembarangan, mereka mengusahakan agar men-tackdown Blog si begal posting secara permanen/keseluruhan.

Badge proteksi DMCA

Ini adalah contoh badge yang pernah saya pasang di Blog ini: DMCA.com Protection Status , cara penggunaannya cukup mudah:

  • Pasang badge di footer paling bawah bagian Blog.
  • Setelah terpasang, yang kita lakukan hanya 'pergi' kehalaman tulisan di Blog kita yang ingin di lindungi proteksi DMCA tersebut.
  • Setelah berada di halaman tulisan/postingan, langsung aja gulir ke bawah menuju badge yang telah di pasang di footer. Lalu klik badge, begitu seterusnya dan seterusnya.
  • Secara otomatis, postingan-postingan kita akan masuk dalam list proteksi. Bilamana si pembegal posting hasil copas tulisan, maka langsung terdeteksi dan kita diberitahukan via email yang sebelumnya digunakan mendaftar DMCA.
Banyak yang masih awam dalam memasang badge tersebut, dikiranya sudah langsung bekerja dalam mendeteksi tulisan. Padahal tidak cukup di situ, kita di haruskan melakukan "cleam kepemilikan" situs/blog dengan cara:
  • Bagi Blogger baik masih berdomain gratis blogspot atau domain khusus, diharapkan untuk menambahkan kode HTML "cleam kepemilikan" Blog ke dalam template di bawah kode <head>
  • Bagi Blog hosting berdomain khusus, diharuskan verifikasi kode dengan menambahkan A Record CName ke DNS Management tempat membeli domain.

Nach, berikut contoh sederet tulisan yang saya masukan dalam daftar list proteksi:
Proteksi DCMA

Sehebat itukah proteksi DMCA?

Yup, benar sekali! Memang seperti itu cara kerja dari situs proteksi DMCA. Namun sialnya, untuk mendapatkan keistimewaan tersebut, kita diharuskan upgrade alias membayar $100/tahun atau bisa juga $10/bulan. Silakan dihitung sendiri nominal tersebut berapa jika di kurs ke IDR/Rp.

Gambar di bawah ini merupakan keterangan perbandingan hak atas fitur pelayanan antara paket gratis dengan yang berbayar yang saya (penulis) ambil dalam dasbor DCMA:

Proteksi DCMA

Jelas di situ bahwa untuk paket gratisan tidak bisa tackdown postingan hasil copas si pembegal posting

Sertifikat proteksi DMCA

Lalu apa yang didapat dengan memasang badge DMCA paket gratis di Blog? Tidak ada! Selain dari pada hanya terpasang badge untuk menakut-nakuti si pembegal posting dan hanya mendapat sertifikat konyol non-verified seperti yang terlihat di bawah ini:

Proteksi DCMA

Dalam sertifikat tersebut terdapat keterangan tulisan dalam tanda merah jika diterjemahkan kira-kira begini:

Perlindungan: Uniform Resource Locator atau URL ini: https://www.ferry.web.id/ dimiliki atau diterbitkan dengan izin oleh pemilik saluran ini. Presentasi audio dan atau video adalah konten asli dan atau berisi konten asli yang diterbitkan dengan izin termasuk tetapi tidak terbatas pada teks, desain, gambar, foto, audio dan video dan dianggap sebagai Kekayaan Intelektual dari pemilik saluran ini, apakah memiliki hak cipta atau tidak, dan dilindungi oleh Layanan Pro Perlindungan DMCA.com menggunakan tetapi tidak terbatas pada Digital Millennium Copyright Act Title 17 Bab 512 (c) (3). Dilarang mereproduksi atau mempublikasikan ulang konten ini tanpa izin. Pernyataan ini dan layanan perlindungan yang terhubung dengannya tidak mungkin merupakan pengganti atau terhubung dengan pernyataan atau layanan serupa yang diberikan kepada pemilik konten oleh platform layanan ini.

Jadi intinya proteksi DMCA gretongan hanya sebatas menyatakan/himbauan bahwa tulisan, gambar, video, dan audio yang terpasang badge proteksi DCMA tidak boleh di ambil sembarangan tanpa seizin pemiliknya.

Dan lagi, status sertifikat akan tetap Non-Verified selama belum upgrade pro atau berbayar.


Kode HTML anti copas (copy-paste)

Kode Anti Copypaste
Kode HTML anti copas

Dari pada pasang badge proteksi DCMA paket gratis yang tidak banyak membantu terhadap tulisan kita di Blog atas potensi kejahatan si begal posting yang copas seenaknya, lebih baik pasang kode HTML anti copas ke dalam template Blog tepat di atas kode ]]></b:skin> seperti yang terlihat pada gambar atas. Berikut kodenya:

  /* NO Copas Kbd Pre blockquote */

.post-body{

-webkit-user-select: none;

-khtml-user-select: none;

-moz-user-select: none;

-ms-user-select: none;

user-select: none;

}

pre{

-webkit-user-select: text;

-khtml-user-select: text;

-moz-user-select: text;

-ms-user-select: text;

user-select: text;

}

kbd{

-webkit-user-select: text;

-khtml-user-select: text;

-moz-user-select: text;

-ms-user-select: text;

user-select: text;

}

Adapun caranya:

  • Copas kode HTML di atas
  • Pergi ke dasbor
  • Tema
  • Backup/cadangkan tema terlebih dahulu
  • Edit HTML
  • Cari kode ]]></b:skin>
  • Pastekan kode HTML di atas tepat di atas kode ]]></b:skin>
  • Save

Setelah kode HTML anti copas terpasang, ketika anda ingin membuat tulisan tutorial seperti misalnya tulisan saya ini yang mengharuskan bagian tulisan bisa tercopas maka apit dengan kode <pre><code> tulisan atau kode tutorial yang bisa tercopas di sini </pre></code>

Selamat mencoba, semoga cara ini bisa terbebas dari tindak kejahatan si pembegal postingan.
Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Tak Perlu Proteksi DMCA Blog, Pasang Kode HTML Anti Copas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel