Mau Dapat Penghasilan Dari YouTube dan Blogger? Jangan Ikuti Saya!

Penghasilan Blogger
Foto: Admin dan uang

Sudah kita ketahui bersama bahwa kedua platform (YouTube, Blogger) bisa menjadi sumber penghasilan bagi kreatornya.

Saya ngga perlu membeberkan bukti betapa YouTube dan Blogger cukup menjanjikan dalam segi finansial karena di luar sana sudah seabrek/banyak orang yang dengan gamblangnya membuat konten video atau tulisan tentang hasil dari nge-YouTube dan nge-Blog. Jumlah nominalnya ngga 'main2', mulai dari jutaan sampai milyaran.

Sengaja saya menulis hal ini agar anda yang memiliki keinginan mendapat penghasilan dari kedua platform tersebut jangan sampai mengikuti/melakukan seperti apa yang saya lakukan dahulu saat awal bikin channel YouTube dan Blogger. Jika tidak, maka anda akan bernasib sama seperti saya yang mana sudah bertahun-tahun punya channel YouTube dan Blog tapi tak sepeser pun mendapat penghasilan dari keduanya. Apa sajakah itu? silakan teruskan membaca tulisan saya ini!


Niatnya iseng-iseng


Emang sich banyak orang yang mengatakan kalau dia itu awalnya cuma iseng lalu seiring berjalannya waktu pada akhirnya menjadi penghasilan lumayan.

Sepintas ngga ada yang aneh dari pernyataan tersebut. Mungkin saja benar dan mungkin saja cuma ingin menutupi ambisinya dalam meraih keuntungan dari kegiatannya tersebut. Ya namanya juga orang 'sukses' dalam hal yang digelutinya, ngomong apa pun bakalan didengar oleh banyak orang yang sama ingin 'sukses' mendapat penghasilan seperti dia.

Ketahuilah bahwa kesuksesan itu ngga pernah 'berangkat' dari iseng-iseng. Kesuksesan itu selalu berangkat dari keseriusan dan kerja keras.

Jadi disini, rubahlah dari niat iseng-iseng menjadi niat ingin mendapatkan penghasilan! Karenanya tentukan dari awal sebelum membangun channel YouTube atau ngeBlog, mencari penghasilan apa memang cuma iseng-iseng? Kalau niatnya ingin memdapat penghasilan maka InsyaAllah cepat atau lambat anda akan mendapatkannya, kalau niatnya cuma iseng ya pastinya hasilnya pun cuma iseng alias cuma dapat happy dan seru-seruan aja.

Nach, inilah saya dahulu awal bikin channel YouTube dan ngeBlog yang punya niat cuma iseng-iseng, tak ayal selama lebih 10 tahun ngeBlog ya hasilnya pun cuma iseng alias tak mendapat sepeser pun. Dan itu memang pilihan saya pada saat itu, tapi sekarang niatan itu saya rubah. Yang tadinya cuma iseng, saat ini saya berniat menjadikan channel YouTube dan Blog sebagai penghasilan tambahan.


Tidak konsisten


Ya namanya juga cuma iseng-iseng. Bikin konten video dan nulis di Blog ya suka-suka, di tonton syukur, ngga di tonton ya udah ga pa2. Aturan pun suka-suka sekehendak diri sendiri. Mau upload konten video kapan pun ya terserah, mau nulis pun ya nanti saja kalau 'mud'-nya lagi ada.

Dengan begitu maka hasilnya pun saya sendiri yang merasakannya. 10 tahun jadi Blogger dan 4 tahun punya channel YouTube tapi tak sepeser pun penghasilan yang saya dapat atas ke-tidak konsisten-an saya tersebut. Kembali lagi ke awal tulisan, karena memang niat saya ya cuma iseng-iseng.

Bagi anda yang memang berkeinginan mendapatkan penghasilan dari YouTube dan Blog, jika tidak bisa konsisten dalam pembuatan konten video atau pun tulisan, maka saran saya tinggalkanlah! Carilah penghasilan lain. Jika tidak, percayalah! Anda hanya membuang waktu percuma.

Oleh karena itu, konsistenlah dalam pembuatan konten dan juga pembahasan di dalamnya, ikutilah aturan-aturan yang ada. Dan jika mampu dan tidak melanggar ketentuan, ikutilah apa yang menjadi kemauan para calon penonton atau pembaca di luar sana. Teruslah dengan konsisten memberikan manfaat kepada mereka atas konten yang anda buat. Dengan begitu, niscaya mereka pun akan memberi manfaat kepada anda dalam bentuk yang lain.


Menunggu sempurna


Lucu memang jika ada orang beralasan tidak mau melakukan hal di karenakan belum sempurna, contohnya tak pernah membuat konten video padahal sudah bikin channel atau tidak mau memulai menulis artikel padahal sudah punya Blog. Nanti aja ach kalau sudah seperti si "A" dan si "B".

Naifnya hal itu (menunggu sempurna) adalah yang saya perbuat dahulu. Betapa saya merasa enggan dan malu jika nantinya konten video YouTube dan Tulisan di Blog hasilnya jelek alias tidak sebagus seperti karya 'tetangga sebelah'.

Begitu seterusnya dan seterusnya. Yang saya lakukan hanyalah mengumpulkan teori-teori tutorial nge-YouTube dan nge-Blog tanpa pernah memulai bikin konten. Alhasil kepala punyeng, waktu banyak terbuang, tapi channel dan Blog masih kosong melompong.

Bagus memang sebelum mulai membuat konten apa pun itu baiknya terlebih dahulu mencari sumber inspirasi atau rujukan sebagai penunjang konten yang akan dibuat. Namun sangat buruk jika hanya sebatas mencari kesempurnaan terhadap konten yang akan dibuat. Padahal sampai kapan pun, siapa pun tak akan bisa sempurna hasilnya apa pun itu, karena memang kita manusia bukan makhluk yang sempurna. Boleh jadi hasil konten yang dibuat itu jelek menurut kita, namun belum tentu di nilai jelek oleh orang lain dan juga sebaliknya. Ya jadi 'jatuhnya' ranah relatif-lah. Yang terpenting adalah bisa memberi manfaat kepada banyak orang maka hal itu sudah lebih dari cukup.


Akhir tulisan



Hanya itu yang dapat saya sampaikan pada tulisan saya kali ini. Jika ingin punya penghasilan dari platform YouTube, maka jangan lakukan seperti apa yang saya lakukan di awal-awal bikin channel YouTube dan Blog.

Pasang niat bahwa anda tidak sedang iseng-iseng saat bikin channel YouTube atau bikin Blog. Niatkan bahwa anda memang ingin punya penghasilan dari kedua platform tersebut atau salah satunya.

Teruslah konsisten dalam pembuatan konten. Tanpa bersikap konsisten sama saja anda tengah membuang waktu percuma.

Tak perlu menunggu sempurna, mulailah dari setelah membaca tulisan saya ini. Asal ngga ngelanggar hukum, mulailah membuat konten. Tak ada yang  instan di dunia nyata maupun maya. Segala sesuatunya membutuhkan proses panjang dalam menuju kesempurnaan. 'Berjalanlah' sambil belajar! Ketahuilah bahwa para kreator YouTube 'papan atas' semuanya bermula dari konten 'kaleng rombeng'. Termasuk saya tentunya yang membuat tulisan seperti ini pun berawal dari tulisan 'kaleng rombeng.

Saya ucapkan selamat berkarya, dan semoga nanti hasil karyamu itu membawa manfaat bagi banyak orang.

Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Mau Dapat Penghasilan Dari YouTube dan Blogger? Jangan Ikuti Saya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel