Cara Membuat Link Melompat Paragraf Blog

Link Melompat Paragraf Blog
Image.google.com

Biasanya, saya kalau lagi datang "mood" membuat tulisan kadang panjang banget. Setelah di publish lalu dibaca kembali, terlintas di pikiran, apa pengunjung Blog ngga bosan baca tulisan panjang-panjang kayak gini?!

<a href="#contoh">Ferry</a>

Iya juga sich, rasanya bosan juga baca tulisan panjang apalagi mengenai tutorial ngeBlog. Biasanya kalau yang begitu suka pengen langsung ke inti permasalahan, meskipun ngga semua juga pembaca yang pengen buru-buru.

Nach, sebagai penulis yang bijak cieee..., kita harus bisa mengambil jalan tengah. Contohnya dengan memberikan link yang bisa langsung melompat ke paragraf di mana titik inti tulisan tersebut berada. Jadi bagi yang mau buru-buru tinggal klik link tersebut, maka seketika langsung sampai wussss... ke paragraf yang telah di tentukan. Bagi pembaca kritis, link melompat tersebut tidak berguna karena dia akan terus
membaca
dari a-z.

Berikut cara membuat link melompat:

1. Klik kata "Ferry" di atas itu yang diapit kode HTML, maka anda akan langsung melompat ke paragraf "Alamsyah"

2. Lihat dan perhatikan kode HTML yang mengapit kata "Ferry". Itulah kode HTML sebagai pelontar menuju kata "Alamsyah". Terdapat kata dalam tanda petik (") yaitu #contoh dengan diawali tanda pagar (#).

3. Lihat dan perhatikan kode HTML yang mengapit kata "Alamsyah". Itulah kode HTML sebagai tujuan/pijakan/mendarat atas lontaran ketika klik kata "Ferry". Terdapat kata dalam tanda petik (") yaitu contoh tanpa diawali tanda pagar (#).

Penjelasan:

Kata #contoh di kode HTML kata "Ferry" wajib sama dengan kata contoh di kode HTML kata "Alamsyah". Artinya jika kode #contoh di kata "Ferry" di ganti dengan misalnya #BaimWong, maka kode HTML di kata "Alamsyah" pun harus di ganti dengan BaimWong. Pokoknya keduanya wajib sama antara hurup besar- kecil, dan tanpa spasi.

Bedanya, di kata "Ferry" kode tersebut wajib menggunakan tanda pagar (#). Sedangkan, di kata "Alamsyah" kode tersebut tanpa tanda pagar (#).

Sedang, kata yang di apit kode HTML tersebut bebas di ganti apapun sesuai maksud dan tujuan. Kedua kata tersebut bebas berbeda.

<div id="contoh">
Alamsyah
</div>



Nota bene:

Ketika menggunakan kode link melompat ini, halaman penulisan harus mode HTML bukan mode COMPOSE. Setelah selesai langsung publikasikan, jika halaman penulisan di ubah ke mode COMPOSE sebelum dipublikasi maka link melompat tersebut tidak akan berfungsi.

Karenanya, selesaikan dahulu tulisannya. Setelah selesai, baru pasang kode link melompat tersebut pada mode HTML tanpa dikembalikan ke mode COMPOSE. Langsung dech publikasikan!
Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Link Melompat Paragraf Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel