Beginilah Bisnis Domain TLD, Beli 125rb - Dijual 1M

Jual Beli Domain TLD
Image: Pixabay.com/viarami

Pengen juga sich kapan-kapan nyoba bisnis jual-beli domain. Siapa tahu rezeki nomplok dapat untung milyaran rupiah, padahal belinya cuma 125rb.

Tahukah anda bahwa sebuah domain "nama bisnis" atau brand sangat berarti di dunia maya yang tak ternilai harganya. Karenanya dijual dengan harga berapapun pasti di beli oleh perusahaan tertentu yang menginginkan nama tersebut.

Pengertian domain TLD

Domain TLD (top level domain) terkait erat dengan situs atau blog. Yang mana fungsinya sebagai pembungkus dari pada alamat domain asli. Misal, alamat asli blog saya adalah ferryalamsyah.blogspot.com, karena terlihat panjang maka agar terlihat lebih unik dan simple saya harus membungkusnya dengan domain unik, simple, dan mudah di ingat yaitu ferry.web.id

Ibaratnya nama domain itu adalah nama jalan, sedangkan Blog adalah sebuah rumah, dan servernya adalah tanah/lahan. Karena saya ingin mengundang banyak orang ke rumah saya, maka alamat rumah yang panjang itu saya ganti dengan nama alamat yang lebih mudah di ingat agar orang dengan mudah datang menuju rumah saya.

Begitulah sifat domain. Tak akan pernah ada nama domain yang sama di dunia ini. Misalkan nama domain Blog ini ferry.web.id maka tak ada satu blog pun di seluruh dunia berdomain ferry.web.id terkecuali saya. Seperti halnya alamat rumah, walaupun rt/rw-nya sama setidaknya no rumah pasti berbeda.

Peluang bisnis

Di sinilah bagi otak pebisnis melihat peluang celah untuk menanggok keuntungan yang tak ada aturan membatasi sebuah harga domain ketika di jual kembali.

Namun, untuk bisnis model seperti ini dibutuhkan keahlian dalam membaca sebuah momentum dan karakter dari sebuah nama yang sengaja dibeli untuk dijual kembali kepada sesorang, komunitas, atau corporasi yang menjadi targetnya.

Misal, saya sengaja membeli sebuah nama domain sandalbandung.com pastinya berharap ada perusahaan sandal yang berminat membeli nama domain tersebut. Karena nama domain tersebut terbilang unik dan simple, kemungkinan besar menjadi rebutan para pengusaha sandal khususnya dari daerah Bandung. Karena nama tersebut hanya satu-satunya di dunia ini saya yang punya, dan menjadi rebutan bagi para pengusaha maka saya naikan harganya berlipat-lipat suka-suka saya. Yang tadinya saya beli cuma seharga 125rb, saya jual 100jt. Mau syukur, ngga mau ya udah.

Contoh lainnya jual-beli bisnis domain yang pernah terjadi pada PilPres (pemilihan presiden), yang mana ada pihak yang menawarkan domain prabowosandi.com dan prabowosandi.id seharga 1 Milyar. Seperti yang saya kutip dari Detik.com:

Jakarta - Cybersquat menawarkan alamat domain situs untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang berlamatkan www.prabowosandi.com dan www.prabowosandi.id dengan harga Rp 1 Miliar. Sandiaga Uno berkomentar terkait harga itu.

"Ha-ha-ha, wuh mahal banget," kata Sandiaga Uno di One Belpark Mall, Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (12/8/2018).

Untuk selengkapnya bisa anda baca di sini

Silakan anda hitung sendiri berapa keuntungan yang di dapat jika kedua domain tersebut terjual. Secara modal belinya hanya 125rb untuk domain .COM dan domain .ID 200rb, malah seingat saya harga domain .ID pada saat itu 75rb, seperti gambar yang tercantum harga domain dari salah satu provider penjual domain di bawah ini:

Domain Termahal
Doc. Pribadi

Tips bisnis jual-beli domain

Berikut tips bagi yang berminat berbisnis mencari pundi rupiah dengan cara ini, di antaranya:

  • Anda harus memiliki sebuah fanpage atau blog untuk dijadikan sarana promosi. Minimal halaman keterangan, misal: "bahwa domain yang bersangkutan dijual dengan harga 100jt, silakan hub email: kontak@ferry.web.id"
  • Costum alamat fanpage atau blog dengan alamat domain yang akan anda jual tersebut.
  • Cari nama-nama domain unik yang sekiranya berpotensi digunakan corporasi, tokoh, artis, komunitas, dan lain-lain.
  • Dahulukan mencari domain TLD .COM sebelum domain lainnya. Karena domain tersebut sudah sangat familiar dalam dunia internasional yang banyak diminati oleh semua kalangan.
  • Harus bijak dalam mematok harga. Jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah, tergantung tingkat kebutuhan. Secara, domain TLD itu sudah banyak macamnya, seperti: .info, .id, .net, .site, .website, dan lain-lain. Jika dirasa kemahalan, mereka lebih memilih domain yang lain. Dengan begitu domain anda akan sia-sia.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan dalam tulisan ini, selamat mencoba dan semoga sukses!
Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Beginilah Bisnis Domain TLD, Beli 125rb - Dijual 1M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel