Anti Kudet, Buatlah Blog Mulai Saat Ini!


Pengertian Blog adalah sebuah media untuk menulis online yang mana tersedia sebuah platform gratis dengan domain blogspot[dot]com dan platform gratis lainnya dengan domain wordpress[dot]com. Keduanya merupakan platform gratis tempat 'nongkrong' para Blogger yang udah melegenda dari berbagai belahan dunia.

Pendahuluan

Ada sebagian orang "kudet" yang bilang: "ngapain bikin Blog? Buat apa?! Kayak wartawan/jurnalis aja lu bikin Blog!? Kayak orang 'penting' aja lu bikin Blog!? Kayak kurang kerjaan aja lu bikin Blog!" Bla.. bla.. bla.. play...

Dengan pertanyaan sekaligus pernyataan di atas, saya dapat memahaminya, karena memang dahulu itulah yang saya (penulis) kemukakan sebagai bentuk penolakan kepada orang-orang yang ngajak untuk ngeBlog atau bikin sebuah situs/website/blog alias masih "kudet" dengan dunia digital.

Secara, saya ini bukan jurnalis, penulis dan ngga punya hobbi menulis, lagi pula ngga ngerti sama sekali cara nulisnya gimana dan lain-lain, pokoknya ribet dach. Namun pada akhirnya, kenyataannya sekarang meski pun saya bukan jurnalis dan tidak memiliki hobbi menulis tetap saja saya 'melahirkan' tulisan-tulisan seperti yang anda baca saat ini.

Penyebab sesorang enggan bikin Blog, di antaranya:

Orang ngga punya kemauan

Orang yang ngga punya kemauan ini merupakan sebuah sikap 'menutup diri'. Dia tidak biasa untuk mencoba hal baru di luar 'dunianya' tentunya untuk mencoba hal positif yang salah satunya adalah ngeBlog.

Yang dia lakukan hanyalah aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari pada umumnya, seperti: tidur, makan, berak buang hajat, dan lain-lain.

Salah persepsi

Seperti jawaban atas keengganan sesorang bikin Blog karena salah persepsi. Dia mengira bahwa bikin Blog itu hanya sebuah media untuk menulis. Secara, sehari-hari yang berkecimpung dalam kegiatan menulis itu ya jurnalis, minimal orang yang punya hobbi menulis.

Dengan begitu, melihat dirinya yang bukan berlatar belakang seorang penulis dan tidak hobbi menulis. Alhasil, menjauhlah dia dalam dunia Blogger yang mana dunia tersebut seringkali dia kunjungi saat search di mesin pencarian google.

Mungkin "iya" bahwa Blog itu hanya sebuah media menulis, yang memang pada asal muasal Blog dipopulerkan oleh seorang jurnalis/wartawan America bernama Justin Hall pada tahun 1994 di situs pribadinya yang sampai sekarang pun masih ada yaitu www.links.net

Namun pada perkembangannya, Blog bukan lagi sebatas media menulis, Blog kini berkembang menjadi sebuah media industri seperti sekarang yang sering kita dengar yaitu e-Commerce, marketplace, toko online seperti contohnya yang pernah saya buat dan menjadi sumber penghasilan sampai saat ini yaitu toko online Sandal Bandung.

Ngga tahu caranya

Nach, di sinilah Blog saya hadir untuk berbagi pengalaman yang mana lebih 10 tahun yang lalu sudah mulai mengenal dunia Blogger.

Pada dasarnya bikin Blog itu mudah, bahkan mungkin nenek-nenek pun bisa kalau hanya membuat sebuah Blog. Mengelola sebuah Blog pun tidak begitu sulit karena sudah tersedia fitur penunjang di dalam dasbor Blog mulai dari halaman untuk bikin tulisan dan sedikit mengatur tampilan widget Blog sesuai selera.

Toch, bikin Blog itu hanya bermodalkan akun google atau yang lebih dikenal dengan Gmail (alamat email), adapun caranya:
  • Masuk ke situs www.blogger.com
  • Klik bikin Blog
  • Masukan akun google/alamat email
  • Masukan sandi
  • Masukan judul Blog
  • Masukan alamat url Blog yang akan di buat
  • Pilih tema/template Blog
  • Klik buat
  • Selesai

Jadi jelas di sini bahwa membuat sebuah Blog bukan prosesnya yang sulit tapi kemauan anda untuk mencoba hal baru tidak ada.

Akhir tulisan

Jujur, saya merasa bersyukur dahulu ada sesorang teman di dunia maya yang menyarankan untuk mencoba bikin sebuah Blog. Jika tidak, mungkin  saat ini saya akan sangat kesulitan menjalankan usaha yang di "online-kan". Minimal jika memaksakan punya blog toko online mau tidak mau harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk jasa pembuatan. 

Dan lagi, untuk menambah 'pemasukan', saat ini saya tengah mendaftarkan Blog ke google adsense untuk dipasang iklan. Tinggal menunggu persetujuan, kalau di terima ya syukur, kalau di tolak ya ngga apa-apa, kan udah punya usaha sendiri :)

Di era digital sekarang ini, dilihat dari dampak positif dengan membuat sebuah Blog dari segi finansial dan berbagi pengalaman kepada semua orang, saya menyarankan kepada anda untuk segera membuat Blog dan pelajari sedikit demi sedikit dalam pengelolaannya yang berhubungan dengan kode HTML dan Javascript.

Segeralah mulai ngeBlog! Agar anti kudet di era serba digital sekarang ini.
Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Anti Kudet, Buatlah Blog Mulai Saat Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel