Dua Cara Jitu Bikin Kamu Menjadi Seorang Penulis


Cara ini saya gunakan pada awal-awal tobat dari apa yang namanya plagiat atau copas (copy-paste) tulisan orang lain, yang mana pernah saya singgung dalam tulisan saya yang lalu
Pada waktu itu, saat memulai sebuah tulisan sungguh sangat terasa berat sekali, bingung harus memulai dari mana? Seperti apa? Dan bagaimana?

Datangnya rasa ingin membuat tulisan tanpa plagiat itu muncul tatkala ingin mengikuti giveaway atau lomba menulis untuk para Blogger yang sering kali teman-teman Blogger lainnya tak pernah absen mengikuti acara tersebut yang mana pemenang dari peserta akan mendapat hadiah yang lumayan cukup besar yaitu Laptop, Handphone keluaran terbaru, dan uang 200K - 1 juta.

Biasanya waktu itu yang mengadakan giveaway dengan hadiah yang cukup lumayan besar di selenggarakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mendongkrak popularitas produknya dari dunia maya alias program promosi, tentunya dengan tema yang telah di tetapkan oleh panitia lomba dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Dahulu waktu ngeblog di Blogdetik (sekarang platform tersebut ditutup) seringkali acara giveaway di adakan bukan hanya di selenggarakan oleh perusahaan namun juga sering di adakan oleh teman Blogger lainnya dengan hadiah pemenang lomba tak sebesar hadiah giveaway perusahaan, biasanya hadiahnya itu berupa pulsa atau quota data internet.

Nach, tibalah dimana saya ingin pula coba-coba ikut lomba program giveaway yang tentu saja syarat utama adalah tulisan hasil karya sendiri, kali aja keluar menjadi pemenang lomba, kan lumayan hehehe.., konsep yang saya terapkan untuk membuat sebuah tulisan adalah "cari tahu" dan "sok tahu". Ajaibnya, kedua konsep tersebut berhasil membuahkan tulisan-tulisan seperti tulisan yang sedang anda baca ini.

Berikut langkah awal membuat sebuah tulisan hasil karya sendiri:

Cari tahu

Kekuatan dari pada tulisan adalah ilmu pengetahuan. Semakin si penulis memiliki banyak ilmu pengetahuan, semakin berbobotlah tulisan yang ia buat. Maka, sebelum memulai tulisan banyak-banyaklah membaca terlebih dahulu yang mana nantinya akan menjadi bahan inspirasi menulis. Minimal perbandingannya jika akan membuat satu tulisan maka bacalah 10 tulisan.

Misal, jika anda ingin menulis tema tentang banjir di jakarta yang terjadi tempo hari tanggal 02-Jan-2020 maka yang anda harus lakukan adalah mencari sumber rujukan yang kuat atau tulisan kredibel yang dapat di pertanggung-jawabkan isi dari pada tulisan yang anda baca. Jika tidak, maka tulisan yang anda buat nantinya berpotensi terjerumus pada tulisan hoax, dan itu sangat berbahaya bagi diri anda. Untuk tips cara agar aman beraktifitas dalam dunia maya termasuk hoax telah saya tulis pada tulisan saya yang lalu
Baiknya untuk pemula menulislah tulisan-tulisan ringan seperti pengalaman pribadi, tips atau cara, tutorial ngeblog, bisa juga di mulai dengan menulis cerpen (cerita pendek).

Jika anda memilih untuk membuat tulisan tentang tutorial ngeblog dengan menyangkut kode-kode HTML atau JavaScript, carilah sumber tulisan dari Blogger lainnya yang menerangkan hal itu. Uji kembali kode yang anda dapatkan tersebut kira-kira bekerja dengan baik atau tidak.

Soalnya seringkali saya temukan banyak di antara tulisan Blogger yang membagikan tips cara tutorial ngeblog tentang kode HTML, tetapi setelah saya terapkan kedalam template tak bekerja dengan benar dan itu cukup membuat jengkel. Begitu pun sama dengan pembaca anda nantinya, mereka pun akan jengkel dan kesal setelah mempraktekan tips cara dari anda ternyata gagal yang pada akhirnya mereka tak akan pernah mengunjungi Blog anda kembali.

Sok tahu

Segeralah untuk menulis atas apa yang telah anda baca. Ngga perlu terlalu banyak konsep dan ngga usah untuk menunggu sempurna hanya untuk membuat sebuah tulisan. Waktu anda akan habis untuk memikirkan tentang konsep dan kesempurnaan.

Mulailah untuk menulis! Apa saja! Asal ngga melanggar hukum maka lakukanlah! Tak ada hal yang instan dalam dunia ini termasuk kegiatan menulis, semuanya butuh proses untuk menuju kesempurnaan.

Modal awal saya dahulu pun dalam membuat tulisan karya sendiri adalah rasa "sok tahu", parahnya lagi hasil dari tulisan yang bermodalkan "sok tahu" itu saya ikut sertakan perlombaan menulis atau giveaway. Saya menyadari bahwa tulisan yang saya buat itu tak akan menang sebagai juara, namun setidaknya saya mendapat sebuah pembelajaran untuk menjadi penulis handal di butuhkan tekat dan pengetahuan lebih banyak lagi.

Penutup

Dengan terbitnya tulisan "Dua Cara Jitu Bikin Kamu Menjadi Penulis" saya ini, bukan berarti saya adalah seorang penulis hebat dan handal. Tulisan ini saya terbitkan tak lain dan tak bukan adalah dalam rangka belajar bersama membuat sebuah tulisan yang mana konsep "sok tahu" seperti yang saya sebutkan di atas masih menjadi modal awal saya dalam menulis.

Tepatnya tulisan saya ini hanyalah berbagi pengalaman atas apa yang telah saya rasakan di masa saya dahulu sebagai Blogger pemula yang begitu terasa sulitnya memulai untuk membuat sebuah tulisan.


Ferry Alamsyah Setelah selesai membaca, maka menulislah! Karena aku membutuhkan teman untuk merubah dunia melalui tulisan.

Belum ada Komentar untuk "Dua Cara Jitu Bikin Kamu Menjadi Seorang Penulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel